Apa itu ekonomi mikro? Pengertian ekonomi mikro adalah
ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan
serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan
jasa yang diperjual-belikan.
Eko
nomi
mikro atau mikroekonomi secara langsung berpengaruh terhadap
pengambilan keputusan dalam hal penawaran dan permintaan barang atau
jasa. Sehingga dari definisi ekonomi mikro tersebut memiliki tujuan
utama bagi perusahaan yakni untuk menganalisis pasar dan bagaimana
mekanismenya untuk membentuk harga relatif produk dan jasa.Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro adalah:
- Analisis biaya dan manfaat
- Teori permintaan dan penawaran
- Elastisitas
- Model-model pasar
- Industri
- Teori produksi
- Teori harga
Adanya
peran ekonomi mikro dalam bisnis dapat membantu menganalisis kegagalan
pasar dan menjelaskan secara teoritis kondisi dalam pasar persaingan sempurna.
Daftar isi
Beberapa ahli di bidang ilmu ekonomi pernah menjelaskan tentang pengertian ekonomi mikro, diantaranya:
1. Adam Smith
Menurut
Adam Smith, ekonomi mikro adalah subjek ekonomi yang selalu bersifat
ekonomis rasional. Hal ini mengakibatkan para pelaku ekonomi harus
mempertimbangkan hal-hal rasional sebelum membuat keputusan.
2. David Ricardo
Menurut
David Ricardo pengertian ekonomi mikro adalah suatu kondisi dimana para
pelaku ekonomi telah mempunyai informasi tentang seluk beluk sebuah
pasar. Dengan begitu ekonomi makro merupakan faktor penentu dari pasa
ekonomi global.
3. Marshal dan Piqou
Menurut
Marshal dan Piqou, pengertian ekonomi mikro adalah tingkat mobilitas
yang tinggi dalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi dapat
langsung beradaptasi atau menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di
pasar.
4. N. G. Mankiw
Menurut
N. G. Mankiw pengertian ekonomi mikro adalah ilmu yang membahas tentang
peran individu-individu pelaku ekonomi, bagaimana rumah tanggan dan
perusahaan membuat keputusan, dan bagaimana mereka berinteraksi di dalam
pasar tertentu.
5. Sadono Sukirno
Menurut
Sadono Sukirno pengertian ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi
yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan
harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang
diperjual-belikan.
Ekonomi mikro ini
menganalisis bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut
mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa yang akan
menentukan harga, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa
selanjutnya.
Ruang Lingkup Ekonomi Mikro
Ruang
lingkup ekonomi mikro adalah konsumen dan produsen. Dalam dunia
ekonomi, produsen dan konsumen ini adalah individu-individu pada rumah
tangga, masyarakat, organisasi atau perusahaan.
Mikroekonomi
mengkaji perilaku penjual dan pembeli, termasuk interaksi keduanya
dalam pasar faktor produksi. Singkatnya, ruang lingkup ekonomi meliputi
beberapa hal berikut:
- Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar
- Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran
- Teori perilaku konsumen
- Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba
- Pasar persaingan sempurna
- Pasar monopoli
- Pasar oligopoli
- Pasar persaingan monopolistik
- Permintaan akan input
- Mekanisme harga dan distribusi pendapatan
Tujuan Ekonomi Mikro
Beberapa tujuan ekonomi mikro antara lain:- Melakukan analisis terhadap mekanisme pasar yang membentuk harga relatif kepada produk barang dan jasa, serta alokasi dari sumber terbatas di antara banyaknya penggunaan alternati
- Melakukan analisis kegagalan pasar, yaitu saat pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar dengan persaingan sempurna.
Teori Ekonomi Mikro
Setelah
memahami pengertian ekonomi mikro dan tujuannya, tentunya kita juga
perlu mengetahui apa saja yang dianalisis dalam mikro ekonomi. Analisis ekonomi mikro atau mikroekonomi terbagi menjadi tiga, diantaranya adalah:
1. Teori Harga
Harga
digunakan sebagai dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran
dan permintaan barang atau jasa yang ada dalam pasar serta faktor yang
dapat mempengaruhinya. Analisis dilakukan terhadap:
- Proses pembentukan harga
- Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran
- Hubungan antara harga permintaan dan penawaran
- Bentuk-bentuk pasar
- Konsep elastisitas permintaan dan penawaran
2. Teori Produksi
Teori
produksi juga digunakan sebagai dasar untuk melakukan analisis biaya
produksi dan tingkat dari produksi. Analisis dilakukan terhadap:
- Semua yang berhubungan dengan biaya produksi barang dan jasa
- Tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi produsen
- Kombinasi dari faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal
3. Teori Distribusi
Teori
distribusi tujuannya adalah untuk melakukan analisis ekonomi mikro
terkait dengan upah tenaga kerja, besarnya bunga yang harus dibayarkan
kepada pemilik modal, dan besarnya keuntungan yang didapatkan oleh
produsen.
Komponen Ekonomi Mikro dalam Bisnis
Dalam penerapannya di bidang bisnis, ekonomi memiliki 3 komponen utama yang harus dipahami diantaranya:
1. Interaksi di Pasar Barang
Jika
dilihat dari segi ekonomi mikro, perekonomian terdiri dari berbagai
pasar termasuk pasar barang. Aktivitas tawar menawar diantara penjual
dan pembeli hingga terbentuk kesepakatan harga termasuk dalam interaksi
pasar barang.
Ekonomi mikro disini
penting untuk mendalami interaksi yang terjadi di pasar dimana secara
lebih jauh akan mempengaruhi kebijakan pengambilan keputusan terkait
harga produk dalam perusahaan.
2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli
Seperti
pada pengertian ekonomi mikro sebagai teori yang mempelajari tingkah
laku penjual dan pembeli, sehingga ekonomi mikro berkaitan dengan
perilaku produsen dan konsumen di pasar dengan tujuan berbeda.
Ekonomi
mikro membahas bagaimana konsumen harus memenuhi kebutuhannya dengan
pendapatan yang dimiliki, sementara produsen berupaya untuk mendapatkan
keuntungan maksimal.
3. Interaksi di Pasaran
Dalam
hal ini ekonomi mikro menjelaskan teori tentang interaksi konsumen dan
produsen yang melibatkan faktor-faktor produksi seperti sumber daya
alam, sumber daya manusia, modal dan kewirausahaan.
Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis
Dari
komponen-komponen utama tersebut, sehingga ekonomi mikro sebagai teori
di pasar berpengaruh terhadap perusahaan. Beberapa peran ekonomi mikro
dalam bisnis atau perusahaan diantaranya:
1. Merumuskan Kebijakan
Ekonomi
mikro bisa menjadi dasar untuk merumuskan kebijakan perusahaan terkait
dengan harga dan upah dalam pengelolaan sumber daya. Dengan adanya teori
ekonomi mikro bisa dijadikan sumber informasi untuk mempelajari
interaksi di pasar dan bagaimana campur tangan pemerintah sehingga dapat
membentuk kebijakan perusahaan yang strategis dan inovatif.
2. Menyusun Prediksi
Dari
pengertian ekonomi mikro sudah dijelaskan yakni sebagai sumber
informasi interaksi di pasar. Sehingga dengan adanya ekonomi mikro maka
perusahaan dapat menyusun strategi atau prediksi untuk kedepannya.
Ekonomi mikro bisa membantu memprediksi kemungkinan yang akan terjadi di pasar, misalnya dalam hal trend produk.
3. Memahami Perilaku Konsumen
Melalui
ekonomi mikro, maka secara tidak langsung perusahaan dapat memahami
bagaimana kebutuhan konsumen. Tentu saja ini akan berpengaruh terhadap
kemampuan produk atau jasa bisa bertahan di pasar.
4. Mengetahui Perputaran Barang
Ekonomi
mikro bisa menjadi alat untuk mengetahui perputaran produk. Jika ingin
bertahan di pasar, maka perusahaan harus mengawasi produk yang dijual
tetap berada dijalurnya tujuannya untuk menghindari kecurangan dari
pesaing.
5. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan
Produktivitas
perusahaan dapat tercapai dengan dorongan berbagai aspek seperti SDM
yang berkualitas, produk yang terjamin kualitasnya dan lainnya. Sehingga
dengan meningkatnya produktivitas bisa meningkatkan keuntungan
perusahaan secara maksimal.
Demikianlah penjelasan seputar Ekonomi Mikro, Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar